JPG

SMA-BIOLOGI: ENERGI TERBARUKAN

Sumber daya energi terbarukan adalah energi yang alam sediakan dan dapat di gunakan secara berkelanjutan. Energi terbarukan, yang di peroleh dari sumber daya alam dan di produksi secara berkelanjutan, seperti yang di sebutkan dalam laman Kemdikbud dan di dukung oleh International Energy Agency (IEA) seperti yang di laporkan oleh laman Institut Teknologi PLN, tidak akan terdeplesi. Meskipun sumber energi ini tidak terbatas, kita masih perlu berupaya untuk menghemat penggunaannya

PEMBAHASAN MATERI
– Contoh energi terbarukan
– Manfaat energi terbarukan

Berikut ini beberapa contoh energi terbarukan:

1. Air

Energi dari air umumnya di gunakan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), yang memanfaatkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan tenaga listrik yang di sebut sebagai hidroelektrik. Proses konversi energi air relatif sederhana, yaitu dengan menciptakan kincir air dan menempatkannya di wilayah aliran air yang memiliki arus yang kuat. Hal ini di lakukan agar dapat menghasilkan energi yang lebih besar.

2. Angin

Angin, yang berasal dari daerah dengan tekanan udara tinggi menuju daerah dengan tekanan udara rendah, memiliki potensi sebagai sumber energi yang dapat di gunakan dengan menggerakkan kincir angin. Kincir angin mengubah putarannya menjadi energi listrik melalui generator.

3. Bio energi

Bioenergi adalah sumber energi yang berasal dari makhluk hidup dan materi organik seperti kayu, rumput, limbah hewan, limbah pertanian, dan limbah rumah tangga yang juga di kenal sebagai biomassa. Material ini dapat di gunakan sebagai sumber energi, baik dengan cara langsung maupun melalui serangkaian proses tertentu. Hasil akhir dari pemanfaatan bioenergi dapat berupa biodiesel, bioetanol, biogas, bioavtur, dan berbagai produk lainnya.

4. Surya

Energi surya merupakan sumber energi yang berasal dari sinar matahari. Selain mendukung proses fotosintesis tanaman, sinar matahari juga memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Energi surya dapat di gunakan sebagai alternatif untuk pembangkit listrik.

5. Panas Bumi

Panas bumi adalah contoh energi terbarukan yang berasal dari dalam Bumi. Biasanya, untuk memanfaatkan panas bumi, di gunakan metode penggalian ke kedalaman tertentu hingga mencapai sumber panas Bumi.

Manfaat Energi Terbarukan

1. Ramah Lingkungan

Energi terbarukan menghasilkan emisi karbon yang rendah atau bahkan tidak ada, membantu mengurangi polusi udara dan dampak perubahan iklim.

2. Sumber Energi yang Tidak Terbatas

Sumber energi terbarukan seperti matahari, angin, air, dan panas bumi adalah sumber daya yang dapat di perbaharui secara alami, sehingga tidak akan habis.

3. Pengurangan Biaya Energi

Dalam jangka panjang, investasi dalam energi terbarukan dapat mengurangi biaya energi bagi individu dan bisnis.

4. Mengurangi Ketergantungan pada Bahan Bakar Fosil

Menggunakan energi terbarukan membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang bersifat terbatas dan memiliki risiko lingkungan yang tinggi.

CONTOH SOAL

1. Apa yang di maksud dengan energi terbarukan?

a) Sumber energi yang berasal dari bahan bakar fosil.
b) Sumber energi yang dapat di perbaharui secara alami dan tidak akan habis.
c) Sumber energi yang hanya dapat di gunakan di musim panas.
d) Sumber energi yang berasal dari proses nuklir.

Jawaban: b) Sumber energi yang dapat di perbaharui secara alami dan tidak akan habis.

Pembahasan 1:

Energi terbarukan merupakan sumber daya alam yang dapat di perbaharui secara alami. Ini termasuk sumber-sumber seperti matahari, angin, air, biomassa, dan panas bumi.

2. Manfaat utama dari penggunaan energi terbarukan adalah:

a) Peningkatan polusi udara.
b) Penurunan ketergantungan pada bahan bakar fosil.
c) Ketersediaan sumber daya yang terbatas.
d) Peningkatan emisi karbon.

Jawaban: b) Penurunan ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Pembahasan 2:

Salah satu manfaat utama dari energi terbarukan adalah mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang tidak terbarukan dan memiliki dampak lingkungan negatif.

3. Apa yang di maksud dengan panel surya?

a) Alat untuk menghasilkan angin.
b) Alat untuk mengkonversi energi angin menjadi listrik.
c) Alat untuk mengkonversi energi matahari menjadi listrik.
d) Alat untuk menghasilkan energi dari biomassa.

Jawaban: c) Alat untuk mengkonversi energi matahari menjadi listrik.

Pembahasan 3:

Panel surya adalah perangkat yang di gunakan untuk menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik melalui proses fotovoltaik.

4. Apa perbedaan utama antara energi terbarukan dan energi non-terbarukan?

a) Energi terbarukan berasal dari bahan bakar fosil, sedangkan energi non-terbarukan berasal dari sumber daya alam yang dapat di perbaharui.
b) Energi terbarukan bersifat terbatas, sedangkan energi non-terbarukan dapat di perbaharui.
c) Energi terbarukan di peroleh dari sumber daya alam yang dapat di perbaharui, sedangkan energi non-terbarukan bersifat terbatas dan tidak dapat di perbaharui.
d) Energi terbarukan memiliki dampak lingkungan yang lebih buruk daripada energi non-terbarukan.

Jawaban: c) Energi terbarukan di peroleh dari sumber daya alam yang dapat di perbaharui, sedangkan energi non-terbarukan bersifat terbatas dan tidak dapat di perbaharui.

Pembahasan 4:

Perbedaan utama antara energi terbarukan dan non-terbarukan adalah bahwa energi terbarukan berasal dari sumber daya alam yang dapat di perbaharui secara alami, sementara energi non-terbarukan di peroleh dari sumber daya alam yang bersifat terbatas dan tidak dapat di perbaharui.

5. Apa manfaat penggunaan biomassa dalam pembangkitan energi?

a) Meningkatkan emisi karbon.
b) Mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.
c) Meningkatkan polusi air.
d) Mengurangi limbah organik.

Jawaban5: d) Mengurangi limbah organik.

Pembahasan 5:

Penggunaan biomassa dalam pembangkitan energi membantu mengurangi limbah organik dan dapat di gunakan sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan.

baca juga: SMP KELAS 7: MATERI DAN SOAL TENTANG PERBANDINGAN

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan di manapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.com, olimpiadekita.com, pusatbelajar.online, kompetisionline.com, kompetisi.co.id, ajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *